Strategi Corporate Social Advocacy Perusahaan Di Indonesia (Studi Kasus The Body Shop Indonesia Dan L'Oreal Dalam Advokasi Ruu Pks)

Saat ini mulai tumbuh aktivitas corporate social advocacy pada perusahaan perusahaan di Indonesia. Sayangnya fenomena tersebut belum banyak diteliti oleh pengkaji ilmu komunikasi di Indonesia. Melalui studi kasus terhadap kegiatan advokasi RUU PKS yang dilakukan oleh The Body Shop Indonesia dan L’Oreal Paris, penelitian ini berupaya mengetahui bagaimana strategi corporate social advocacy yang dijalankan perusahaan perusahaan di Indonesia. Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahu faktor faktor yang mendorong perusahaan perusahaan di Indonesia menjalankan corporate social advocacy. Penelitian ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk mengembangkan model strategi corporate social advocacy bagi perusahaan ddi Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokeumentasi. Wawancara akan dilakukan terhadap partisipan yang terdiri dari pengelola aktivitas corporate social advocacy di kedua perusahaan di atas, pihak-pihak
eksternal yang terlibat seperti NGO, Komnas Perempuan, serta kaukus permepuan DPR RI. Luaran penelitian ini adalah artikel jurnal internasional (tersubmit)