Kajian Desain Karakter Maskot Sebagai Bagian dari City Branding (Studi Kasus : Kota Malang)

City branding merupakan salah satu upaya kota dalam memproyeksikan gambaran nilai-nilai kota tersebut secara regional maupun global. Salah satu proses penting dalam city branding adalah dengan mengembangkan ciri khas dan identitas kota menjadi sebuah brand identity. Banyak kota Indonesia sekarang ini yang telah menerapkan strategi city branding dan beberapa di antaranya mempunyai maskot sebagai bagian dari branding kota mereka. Salah satu kota memiliki desain maskot yang cukup unik adalah kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana visi misi Kota Malang diimplementasikan ke dalam visual maskot. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu melalui observasi, wawancara narasumber, dan studi literatur. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi tentang bagaimana cara mengolah visi misi sebuah kota menjadi mascot sebagai bagian dari city branding.