DEBAT CALON PRESIDEN DI TELEVISI PADA KAMPANYE PEMILU PRESIDEN 2019 DAN SENTIMEN NETIZEN

Debat kandidat di televisi memiliki peran penting dalam demokrasi karena beberapa alasan.
Menurut Coleman (2000, p 10), terdapat indikasi yang kuat bahwa debat televise memberikan
pengaruh pendidikan politik bagi masyarakat dan pendidikan tersebut semakin kuat bagi
pemilih mengambang. Selain itu, debat televise juga memaksa para kontestan saling
mengenal pandangan dan posisi satu dengan yang lainnya. Munculnya konfrontasi langsung
sebagai hakekat debat juga memberikan kesempatan bagi pemilih untuk melihat berbagai sisi
baik karakter dan program setiap kandidat. Karena itu penting untuk meneliti aspek isi debat
capres di televise pada kampanye Pilpres 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi
debat capres di televise pada Kampanye Pilpres 2019 Teori Analisis Fungsional serta
mengetahui sentimen netizen di Twitter selama debat berlangsung. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif. Sampel menggunakan empat event debat
capres di televisi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum pada Kampanye
Pilpres 2019.