The Influence of Physical Attractiveness, Social Attractiveness and Attitude Homophily towards the Credibility of Travel Vlogger

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan penurunan di perekonomian Indonesia, termasuk juga
pada sektor industri. Seiring membaiknya kondisi perekonomian setelah menurunnya kasus
COVID, beberapa inisiasi mulai dilakukan utnuk membangkitkan kembali minat konsumen
untuk mengunjungi tempat wisata. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan
berkolaborasi dengan travel vlogger atau travel influencer dalam mempromosikan tempat
wisata. Namun, perlu pertimbangan yang mendalam dalam memilih sosok yang tepat untuk
mempromosikan tempat wisata. Sosok yang dipilih harus kredibel agar hasil reviewnya dapat
dipercaya oleh konsumen. Studi ini bertujuan untuk meneliti apakah faktor attitude homophily,
physical attractiveness dan social attractiveness berpengaruh pada kredibilitas daritravel
vlogger atau travel influence. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga faktor ini dapat
mempengaruhi kredibilitas dari travel vloggers or travel influencers