IMPLEMENTASI CORPORATE BRANDING PADA KONGLOMERASI MULTI INDUSTRI (Studi Pada Kompas Gramedia Group)

Pentingnya corporate brand tak lagi bisa terbantahkan. Kecanggihan teknologi, inovasi yang
lebih cepat, kompetisi yang semakin bertumbuh, pemangku kepentingan yang lebih rumit dan
menuntut, membuat pengelolaan brand di abad ini jadi lebih menantang dibanding sebelumnya.
Pengelolaan dari corporate brand yang disebut dengan istilah corporate branding dilakukan
dengan proses menyejajarkan hubungan antara strategic vision, organizational culture, dan
corporate images. Kompas Gramedia Group, sebuah konglomerasi multi industri yang
menaungi 130 unit bisnis di dalamnya merupakan salah satu dari banyak perusahaan di
Indonesia yang tengah berupaya melakukan corporate branding. Diversifikasi usaha yang
dilakukan Kompas Gramedia Group membuat brand yang dinaunginya menjadi begitu
beragam dan membutuhkan manajemen brand majemuk yang baik. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif, dengan paradigma post-positivisme, bersifat deskriptif dan eksplanatori,
serta menggunakan studi kasus sebagai strategi penelitiannya. Fokus dari penelitian ini adalah
aktivitas corporate branding yang dilakukan oleh Corporate Communication Division di
Kompas Gramedia Group. Akan dilihat bagaimana implementasi dari corporate branding,
termasuk di dalamnya pemilihan, perencanaan, dan pelaksanaan corporate branding strategy.
Serta dilihat juga kesejajaran antara vision, culture, dan image dari Kompas Gramedia Group.