POLA KONSUMSI MEDIA GENERASI-Z PADA LAYANAN SUBSCRIPTION VIDEO ON DEMAND (SVoD)

Generasi-Z (Gen-Z) memiliki kebiasaan konsumsi media yang berbeda dengan generasi
sebelumnya. Hal tersebut disebabkan oleh munculnya media baru yang berbasiskan Internet.
Konsumsi media tradisional seperti televisi telah bergeser menjadi konsumsi layanan movie
streaming Subscription Video on Demand (SVoD) di mana Gen-Z menggunakan smartphone
sebagai perangkatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi Gen-Z
terhadap layanan Subscription Video on Demand (SVoD) di Jabodetabek. Penelitian ini
menggunakan dua konsep utama untuk menganalisis data penelitian yaitu konsep
Mediamorfosis (Fidler, 2001) dan konsep Media Baru (McQuail, 2011). Pendekatan kualitatif
digunakan dalam penelitian ini dengan sifat deskriptif, sedangkan data primer didapatkan dari
Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan pada kelompok pengguna layanan SVoD dan
kelompok pengguna layanan streaming ilegal lainnya.