PENGARUH GREEN PACKAGING AQUA LIFE TERHADAP MINAT BELI DIMEDIASI SIKAP PRO-3R

Saat ini korporasi atau perusahaan mulai mengembangkan produk-produk inovasi yang ramah
lingkungan. Hal ini dipicu oleh semakin meningkatnya isu lingkungan di Indonesia, salah
satunya sampah plastik. Konsumen juga semakin selektif dalam memilih produk-produk
untuk dikonsumsi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program program #BijakBerplastik
Danone Aqua, yang dalam pelaksanaan programnya menawarkan inovasi botol kemasan
100% daur ulang. Sebagai acuan teori digunakan Theory Planned Behaviour yang
menjelaskan faktor Sikap dalam mempengaruhi sikap konsumen dalam menerima informasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode
survei. Populasi penelitian adalah warga DKI Jakarta berusia 21 - 44 tahun sebanyak 347
responden yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui
penyebaran kuesioner dan hipotesis diuji dengan uji analisis jalur menggunakan model SEM.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Sikap 3R tidak mampu memediasi pengaruh Green
Packaging terhadap Minat Beli konsumen Aqua. Pengaruh langsung yang dihasilkan Green
Packaging terhadap Minat Beli sebesar 59.6% serta Green Packaging terhadap Sikap 3R
sebesar 47%.