Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan

Kepuasan pelanggan sangat penting untuk diperhatikan bagi perusahaan First Media,
karena dari kepuasan pelanggan tersebut berarti First Media telah berhasil dalam menjual
produk dan jasanya kepada pelanggan sehingga akan meningkatkan pada sumber pendapatan
masa depan. Menurunnya pelanggan First Media pada 5 tahun terakhir ini, salah satunya adalah
karena kurangnya rasa kepuasan dalam menggunakan layanan internet First Media yang
disebabkan beberapa faktor antara lain kualitas pelayanan dan harga. Penelitian ini ditujukan
untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan dan
mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap
kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan thitung
sebesar 14,654 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1.651972. Harga memiliki pengaruh negative
terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai sig. 0,356 lebih besar dari 0,05 dan
thitung sebesar 0,925 lebih kecil dari nilai ttabel yaitu 1,651972. Kualitas pelayanan dan harga
memiliki pengaruh positif secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig 0,000
lebih kecil dari 0.05 dan nilai fhitung sebesar 471,237 lebih besar dari ftabel yaitu sebesar 3,04.
Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,815, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas
pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan First
media di Pondok Aren Tangerang Selatan sebesar 81,5%.