Pengaruh Green Packaging Aqua Life Terhadap Minat Beli Dimediasi Oleh Sikap 3R

Saat ini korporasi atau perusahaan mulai mengembangkan produk-produk inovasi yang ramah lingkungan. Hal ini dipicu oleh semakin meningkatnya isu lingkungan di Indonesia, salah
satunya sampah plastik. Konsumen juga semakin selektif dalam memilih produk-produk untuk dikonsumsi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program program #BijakBerplastik Danone Aqua, yang dalam pelaksanaan programnya menawarkan inovasi botol kemasan 100% daur ulang. Sebagai acuan teori digunakan Theory Planned Behaviour yang menjelaskan faktor Sikap dalam mempengaruhi sikap konsumen dalam menerima informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah warga DKI Jakarta berusia 21 - 44 tahun sebanyak 347 responden yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan hipotesis diuji dengan uji analisis jalur menggunakan model SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sikap 3R tidak mampu memediasi pengaruh Green Packaging terhadap Minat Beli konsumen Aqua. Pengaruh langsung yang dihasilkan Green Packaging terhadap Minat Beli sebesar 59.6% serta Green Packaging terhadap Sikap 3R sebesar 47%.