Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap E-Commerce Pada Media Sosial Menggunakan Multilayer Perceptron Dengan Word Embedding

Electronic commerce (e-commerce) menurut Laudon dan Laudon (2009) adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-commerce berguna dalam mengurangi biaya administrasi dan waktu siklus proses bisnis, dan meningkatkan hubungan dengan kedua mitra bisnis dan pelanggan. Lembaga riset asal Inggris, Merchant Machine, merilis daftar sepuluh negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Indonesia memimpin jajaran negara-negara tersebut dengan pertumbuhan 78% pada tahun 2018. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang lebih dari 100 juta pengguna menjadi salah satu kekuatan yang mendorong pertumbuhan e-commerce. Dari perkembangan tersebut terlihat banyak sekali perusahaan e-commerce yang bermunculan di Indonesia sehingga penilaian, komentar atau opini masyarakat terhadap suatu e-commerce dapat dijadikan analisa terhadap pasar online.