Analisa User Generated Content dengan Pendekatan Big Data Analytics untuk Mendukung Pemasaran Digital pada UMKM

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peran yang besar bagi perekonomian di Indonesia. Namun, banyak UMKM yang berjuang untuk bertahan dan tumbuh dan menunjukkan keterbatasan produktivitas. Tercatat ada sekitar 63,9% UMKM di Indonesia yang omsetnya berkurang hingga lebih dari 30% di masa pandemi COVID-19. Namun, dibalik tren ekonomi yang negatif, situasi pandemi ternyata justru ikut meningkatkan jumlah transaksi online. User-generated content (UGC) memberikan manfaat bagi pengelola bisnis untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan dan meningkatkan atribut produk atau karakteristik layanan tertentu guna meningkatkan nilai bisnis dan mendukung kegiatan pemasaran. Keragaman media sosial dan big data analytics memberikan efek interaksi positif pada kinerja pasar, yang lebih menonjol untuk UMKM daripada perusahaan besar. Big data analytics memberikan banyak peluang untuk mengembangkan jalan baru untuk memahami manajemen bisnis dan untuk mendukung pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa UGC dengan pendekatan Big Data Analytics untuk mendukung pemasaran digital UMKM. Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber UGC, baik melalui API atau Web Scrapping. Analisa dilakukan dengan penggabungan metode text processing, content analysis, sentiment analysis, dan machine learning. Analisa data tersebut akan menghasilkan informasi yang menyeluruh tentang kepuasan pelanggan, yang ditampilkan dalam sebuah prototype Dashboard Informasi User-generated Content Untuk UMKM. Penelitian ini menargetkan luaran berupa 1 publikasi ilmiah pada Jurnal Ilmiah Internasional (Scopus Q3) : ICIC Express Letters (ISSN 1881-803X), 1 publikasi ilmiah pada seminar ilmiah internasional terindeks Scopus, dan HKI pada setiap tahunnya selama 2 tahun. Secara umum, penelitian ini mengusulkan TKT 3, yaitu menghasilkan Model UGC Untuk Mendukung Pemasaran Digital UMKM dan prototype Dashboard Informasi Hasil Review Pengguna yang dapat diuji performanya pada skala laboratorium.