Model Pembelajaran Online Pada Pengajaran Aspek Komunikasi Non Verbal Public Speaking

Public Speaking menjadi soft skill yang menjadi harus dimiliki para generasi milenial. Menjamurnya profesi baru di dunia kreatif, seperti presenter, podcast, youtuber, yang notabene semuanya memerlukan keahlian public speaking.Di masa pandemi ini kebutuhan skill Public Speaking semakin berkembang dan banyak dibutuhkan apalagi dalam komunikasi secara online seperti melakukan rapat virtual, mengajar, seminar dan masih banyak yang lainnya. Penyelenggaraan pendidikan dan pertemuan virtual di platform digital seperti Zoom pun telah menjadi norma baru di tengah pandemi, Dengan sistem pembelajaran jarak jauh tidak menutup kemungkinan akan timbulnya beberapa masalah-masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran terutama dalam pemberian materi yang bersifat non verbal. Oleh karena itu Dosen dituntut untuk memahami cara mengajar yang efektif. Universitas Mulitimedia Nusantara (UMN) adalah salah satu yang menggunakan Zoom meeting untuk pembelajaran daring melalui Elearning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Zoom Meeting sebagai media pembelajaran online mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan dalam meningkatkan kemampuan public speaking terutama pada materi Non verbal karna sangat penting untuk menunjang komunikasi yang baik sehingga lawan bicara merasa nyaman saat berbicara dengan kita dan dalam menggunakan media digital, komunikasi nonverbal seringkali tidak mungkin dilakukan atau terlihat karena keterbatasan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengetahui efektifitas zoom meeting dalam meningkatkan skill Public Speaking ILKOM UMN dan dapat menemukan sebuah solusi untuk memaksimalkan aplikasi Zoom meeting yang dapat diterapkan oleh pihak ILKOM UMN.