Strategi Pembuatan Konten Good News From Indonesia

Lanskap media di Indonesia terus mengalami perubahan. Jumlah media digital terus bertambah, baik yang didirikan oleh media arus utama maupun pihak lain. Di era digital ini, media alternatif mendapatkan tempat untuk turut menyampaikan informasi dengan konten yang berbeda dengan media arus utama. Saat ini, konten yang menjadi dasar audiens untuk memilih membuka laman media dan mengikuti akun media tertentu. Good News from Indonesia (GNFI) menjadi subyek penelitian, karena ia merupakan media alternatif yang tidak tergabung dan terdaftar di berbagai asosiasi jurnalistik termasuk di Dewan Pers, namun memiliki total pembaca dan pengikut lebih dari 2,5 juta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembuatan konten media digital di GNFI: website dan media sosial, serta peningkatan pengguna dan pembaca selama mereka menerapkan strategi tersebut. Penelitian menggunakan paradigma post-positivisme, dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode yang dilakukan adalah studi kasus, dalam hal ini adalah Good News from Indonesia. Luaran yang ditargetkan untuk penelitian dasar 6 bulan ini adalah publikasi di jurnal nasional terakreditasi dan publikasi di proceeding konferensi nasional terakreditasi.