Faktor Pendukung Dan Penghambat Adopsi E-Commerce Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Pelatihan Umkm Bali Goes To Global By Shopee)

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) memiliki kontribusi besar terhadap PDB yaitu 61,97% dari total PDB nasional atau setara dengan Rp. 8.500 triliun pada tahun 2020.
UMKM menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar yaitu 97% dari daya serap dunia usaha pada tahun 2020. Namun demikian UMKM termasuk bsinsi yang paling sulit untuk menjadi besar dengan beberapa hal penyebab baik dari sisi produk, pengelolaan usaha serta latar belakang keluarga dan lingkunagn yang tidak kondusif. Namun kini saat era digital dimana semua proses bisnis harus ditransformasi secara digital bahkan untuk tetap bertahan saja maka hal ini juga berlaku untuk UMKM. UMKM yang mempunyai keinginan untuk maju dan berkembang, harus melakukan digitalisasi ini. Dampak digitalisasi pada keuntungan bisnis bisa lebih besar. Tidak ada lagi sekat yang membatasi interaksi antara konsumen dan penjual, begitu juga soal transparansi harga. Digital menjadi sebuah keniscayaan agar UMKM bisa terus bersaing.