Kajian Terhadap Identitas Visual Personal Branding Pendakwah Populer Di Dunia Maya

Internet memberikan banyak kesempatan dan ruang untuk dimanfaatkan. Salah satunya adalah kehadiran pendakwah yang menyampaikan pesan-pesan keagamaan. Beberapa pendakwah bukan hanya memanfaatkan dengan baik teknologi internet, namun juga menempatkan dirinya dengan baik. Upaya menempatkan diri dengan baik tersebut dengan membangun merek diri (personal branding) dan menampilkan sesuatu yang berbeda yakni dengan merancang identitas visual dirinya. Perancangan dan penerapan identitas visual pada diri pendakwah menyiratkan luasnya peran dan manfaat desain komunikasi visual. Pendakwah popular di dunia maya, bukan hanya memikirkan dan menyampaikan pesan keagamaan, tetapi juga mengindahkan kemasan dirinya melalui visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan / menjabarkan hal-hal utama yang melatar belakangi perancangan dan penerapan identitas visual pada diri pendakwah dan bagaimana identitas visual tersebut dirancang. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini berupa pengetahuan terhadap latar belakang (motivasi dan tujuan) dan model proses perancangan (desainer dan proses perancangan) serta penerapan identitas visual pada diri pendakwah popular di dunia maya. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan dan termasuk dalam jenis design, art & multimedia for industry dengan tema media technology & social impact.