Big Data Analytics Berbasis Text Mining Pada Sektor Pariwisata

Penyebaran Covid-19 di seluruh dunia pada tahun 2020 menyebabkan industri pariwisata menghadapi krisis bencana karena migrasi dan perjalanan menjadi dibatasi. Pandemi yang berlangsung memberikan pengaruh terhadap perilaku wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perubahan perilaku wisatawan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Pengumpulan data akan dilakukan dari berbagai sumber, seperti Social Media, Travel Platform, dsbnya yang kemudian diolah dengan pendekatan Big Data. Analisa Big Data memberikan banyak peluang untuk mengembangkan jalan baru untuk memahami manajemen bisnis dan untuk mendukung pengambilan keputusan. Analisa dilakukan dengan penggabungan metode text processing, content analysis, sentiment analysis, dan machine learning. Analisa data tersebut akan menghasilkan informasi yang menyeluruh tentang perilaku wisatawan Indonesia, yang ditampilkan dalam sebuah prototype Dashboard Informasi Wisata Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu otoritas sektor pariwisata untuk memahami dan mengindentifikasi kebutuhan wisatawan di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menargetkan luaran berupa 1 publikasi ilmiah pada Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi. Secara umum, penelitian ini mengusulkan TKT 3, yaitu menghasilkan Framework Big Data Analytics Berbasis Text Mining Pada Sektor Pariwisata dan prototype Dashboard Informasi Wisata Indonesia yang dapat diuji performanya pada skala laboratorium.