Perancangan Gamifikasi Sebagai Pendukung Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman Menggunakan Metode Octalysis Framework

Ilmu teknologi informasi atau digital menjadi semakin populer seiring meningkatnya kebutuhan dalam pemanfaatan teknologi informasi di berbagai bidang. Bahasa pemrograman merupakan salah satu hal yang perlu dipelajari untuk mengembangkan teknologi informasi. Permasalahan yang dihadapi adalah sulitnya mempelajari bahasa pemrograman, terlebih dikarenakan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Hal ini berpengaruh pada kurangnya pemahaman mahasiswa dan menurunkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik gamifikasi yang telah terbukti banyak digunakan dalam membantu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian akan menggunakan metode Octalysis Framework, dan dilakukan selama 9 bulan dengan tahapan
mulai dari pengumpulan data, desain aplikasi, pembuatan aplikasi, pengujian aplikasi, dan evaluasi. Target luaran dari penelitian ini adalah produk berupa aplikasi mobile dan artikel ilmiah untuk dimuat di jurnal nasional.