Implementation Drunkard’s Walk Algorithm to Generate Random level in Roguelike Games

Video game tidak asing untuk didengarkan oleh kita. Video game adalah salah satu industri entertainment yang meningkat secara pesat. Permintaan konten video game selalu terus berkembang, namun dalam pembuatan video game tidaklah mu- dah dan juga memakan sumber daya. Salah satu untuk mencegah permasalahan ini adalah Procedural Content Generation atau yang lebih dikenal dengan PCG. Dengan menggunakan PCG maka tingkat
replaybility dalam suatu video game meningkat. Algoritma yang digunakan dalam penerapan PCG ini adalah algoritma Drunkard’s Walk. Algoritma ini digunakan dalam pembuatan level secara random. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun video game bergenre roguelike dengan menggunakan algoritma Drunkard’s Walk, yang dibuat dengan menggunakan game engine Unity. Setelah selesai membangun game, maka tingkat kepuasan pemain diuukur dengan mengunakan metode GUESS atau Guest User Satisfaction Scale. Dengan menggunakan GUESS sebagai alat ukur, 35 responden berhasil didapatkan. Dari 35 responden, nilai yang didapatkan berdasarkan skala GUESS adalah 84.58% yang bersifat sangat baik.