Perancangan Sistem Informasi Antrian Jasa Service Menggunakan Metode Iteratif Berbasis Website

Bengkel merupakan perusahaan otomotif yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk merawat kendaraan mereka. Karena dengan adanya jasa bengkel, masyarakat dengan mudah melakukan order-to-home atau mengambil antrian perawatan tanpa harus keluar rumah. Karena sudah terlalu ramainya customer bengkel tersebut bagian administrasi terkadang kesulitan ketika mendata keluhan customer karena masih menggunakan pembukuan manual atau bahkan hanya dengan ingatan dan mekanik pun kewalahan menangi setiap masalah customer satu-per-satu dan mengatur lahan parkir yang tidak begitu besar yang kadang berhimbas kepada akses jalan raya yang selalu ramai. Dengan adanya perkembangan teknologi membuat masyarakat untuk berfikir cara yang lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu membuat hal konvensional menjadi sistem yang terkomputerisasi. Dengan memanfaatkan sistem berbasis online. Dalam pengembangan sistem ini penulis menggunakan metode wawancara dan observasi, data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode SDLC (System Development Lif Cycle) model Iterative serta Bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter. Perancangan sistem informasi e-ticketing menggunakan UML (Unified Modeling Language) dengan pengujian Blackbox Testing. Pelanggan dapat menghindari antrian pada saat ingin melakukan servis kendaraan. Menghasilkan sebuah aplikasi bengkel online yang dapat digunakan untuk semua pengendara roda empat dan bengkel. Perusahaan bengkel dapat lebih efektif dan efisien dalam membuat jadwal perawatan tanpa perlu customer melakukan antri di lokasi. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem informasi berbasis web online. Dengan sistem ini, diharapkan dapat mengatasi kebutuhan masyarakat untuk membuat jadwal perawatan serta memudahkan administrasi bengkel untuk mengelola data masalah konsumen menjadi lebih terstruktur. Pemakai maupun pemilik bengkel dapat melihat jadwal waktu, masalah kendaraan masing-masing customer lain yang sedang melakukan antrian perawatan agar berjalan secara cepat, tepat dan akurat.