Designing Strategy Game With Simple Additive Weighting In Procedural Content Generation

Permainan strategi memberikan pemain teka-teki yang tidak terbatas dengan pemain lainnya atau komputer, tapi komputer memiliki jalan pemikiran yang statisdan membuat pemainmanusia bisa mendeteksi pola pemikiran komputer yang tidakpernah berubah. Karena alasan tersebut permainan strategi berbasis single-player menciptakan banyak konten untuk memberikan pemain tantangan yang bervariasi,tapi penciptaan konten membutuhkan banyak waktu dan
tenaga manusia. Procedural Content Generation semakin populer digunakan sekarang untuk menyelesaikan masalah tersebut karena dapat menghasilkan konten yang tidak terbatas. Meskipun demikian pembuatan PCG membutuhkan banyak aturan-aturandalam algoritmanya untuk memastikan konten yang playable dan menarik bagi pemain. Penelitian ini akan merancang dan membangun permainan strategi denganPCG yang akan mengimplementasikan metode simple additive weighting. SAW digunakan untuk mengkalkulasikan berbagai input pemain, menggabungkannya menjadi satu nilai dan kemudian mendistribusikan nilai tersebut ke beberapa jenis output yang akan dibuatkan oleh PCG. Setelah permainan telah terbangun user experience akan diukur sebelum dan setelah implementasi SAW denganmenggunakan Game Experience Questionnaire. Setelah implementasi SAW positive effects pemain bertambah sebesar 23.5%, negative effects pemain berkurang sebesar 29.83%, competence pemain bertambah sebesar 19.83%, and challenge dari permainan berkurang sebesar 22%.