BILINGUAL COLOR LEARNING APPLICATION AS ALTERNATIVE COLOR LEARNING FOR PRESCHOOL STUDENT

Kemampuan pengenalan warna bagi anak usia dini sangat penting sebagai dasar untuk memulai pembelajaran lainnya, dengan mengenal warna seorang anak akan memperolah manfaat perkembangan kreatifitas, perkembangan kemampuan sensoris dan manfaat positif lainnya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan disebuah sekolah kindergarten, didapati bahwa sebagian besar anak masih sering kebingungan kebingungan atau kesulitan dalam membedakan warna melalui pengajaran konvensional. Pada penelitian ini dibangun sebuah aplikasi pengenalan warna dalam dua bahasa yang bertujuan untuk membantu para siswa untuk lebih cepat dalam pengenalan warna. Pengujian akan dilakukan dengan metode pretest dan posttest dengan metode “paired sample t test” untuk mengukur tingkat perkembangan siswa sebelum dan setelah menggunakan aplikasi, juga akan dilakukan pengujian penerimaan user dengan menggunakan UAT utuk mengukur tingkat penerimaan user terhadap aplikasi yang dibuat. Dari pengujian tersebut didapati hasil perkembangan yang cukup baik dengan hasil t-stat sebesar 8.69 dan hasil user acceptance test sebesar 76.68%.