Pengaruh e-WOM terhadap Behavioral Intention yang Dimediasi oleh Destination Image dan Destination Trust (Studi Kasus pada Objek Wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan saling keterkaitan antara 4 variabel,
yakni e- WOM, destination image, destination trust, dan behavioral intention, dengan objek
wisata Candi Borobudur di Provinsi Jawa Tengah, dengan 250 sampel turis lokal yang
diambil dari akun Facebook Borobudur Park yang follower-nya sudah mencapai 19.000. Ke-
250 sampel itu diambil dengan teknik sampling non probability judgemental sampling. Data
dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan software Lisrel 8.8
untuk melihat hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM tidak
memengaruhi destination image, namun e-WOM berpengaruh signifikan terhadap destination
trust. Sedangkan destination image berpengaruh terhadap destination trust. Destination
image juga berpengaruh terhadap behavioral intention. Destination trust juga berpengaruh
terhadap behavioral intention. e- Wom memengaruhi behavioral intention baik secara
langsung, maupun tidak langsung, yaitu melalui destination image dan destination trust
sebagai variabel intervening.