Perancangan Strategi Transmedia Storytelling Dalam Menambah Pengalaman Berwisata Di Kota Gresik

Media informasi erat hubungannya wawasan wisatawan pada suatu objek wisata. Dengan kemudahan media informasi online yang bisa diakses dimanapun, wisatawan dapat mengeksplorasi suatu area atau kota sebagai bagian dari rencana perjalanannya. Tetapi hal tersebut juga menjadi masalah karena media informasi yang ada tidak terkurasi dan spesifik, sehingga menimbulkan kebingungan. Dalam penelitian ini strategi Transmedia Storytelling digunakan untuk meningkatkan pengalaman dalam penyampaian informasi mengenai wisata yang spesifik di Kota Gresik. Kota Gresik adalah salah satu kota tertua di utara pulau Jawa yang memiliki cukup banyak kategori tempat wisata. Strategi komunikasi ini kemudian akan diterjemahkan dalam bentuk produk interaktif dengan menggunakan pendekatan Human-
Centered Design. Luaran yang ditargetkan adalah jurnal nasional maupun internasional, HAKI dari asset yang dibuat serta purwarupa. Penelitian akan dilaksanakan dengan skema fullterm.