Budaya Partisipatif : Pola Perilaku Pada Followers Akun Instagram @Wowfaktaexo

Fenomena Hallyu yang telah mewabah di beberapa negara memang menawarkan hiburan tersendiri. Berbicara mengenai K-Pop, selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas mengingat perkembangannya yang signifikan. Kecintaan penggemar terhadap idolanya membuat apapun berita terbaru tentang idola yang disebarkan di media sosial akan selalu dipantau kapan saja tanpa mengenal waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola perilaku dari penggemar boyband asal Korea Selatan EXO yang umum dikenal sebagai EXO-L dalam laman Instagram @WowFaktaEXO. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif dan pengumpulan data observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah etnografi virtual. Penelitian ini menggunakan teori participatory cultures atau budaya partisipasi yang tergambar melalui empat budaya partisipasi yaitu: affiliation, expression, collaborative problem solving, dan circulation serta beberapa penelitian terdahulu yang digunakan sebagai tambahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukan seperti apa pola perilaku EXO-L sebagai pengikut @WowFaktaExo. Pola perilaku penggemar berbeda-beda namun dapat disimpulkan penggemar mulai dari tahap affiliation yaitu bergabung ke dalam komunitas Exo-L seperti membuat video penggemar, membaca cerita fiksi penggemar, berpartisipasi dalam anniversary project, mass voting atau streaming hingga timbul sirkulasi di dalam komunitas penggemar.