Faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan Gen-Z menikmati local food di Indonesia melalui peranan parasocial interaction dari food vlogger

Generasi Z merupakan generasi yang memiliki jumlah besar di Indonesia. Gaya hidup Generasi Z yang lebih menyukai kuliner dari pada berbelanja fashion merupakan konsumen potensial bagi industri kuliner di Indonesia. Saat ini kuliner merupakan gaya hidup yang sedang trend, karena menikmati makanan dan cerita dibalik makanan merupakan kenikmatan tersendiri. Namun dimasa pandemic Covid ini industri makanan dan minuman mengalami penurunan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keinginan Generasi Z yang merupakan konsumen potensial untuk menikmati local food di Indonesia melalui review food vlogger pada media Youtube. Penelitian ini ingin melihat dari faktor attractiveness, entertainment motive dan parasocial interaction dari food vlogger terhadap keingian untuk menikmati local food. Penelitian ini menguji 5 hipotesis dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang akan dilakukan selama 12 bulan terhadap viewer dari food vlogger.