What’s in It for Me? – Discovering The Values Underlying Consumer Attitude and Intention Towards Environmentally Friendly Skincare

Industri kosmetik merupakan industri yang memiliki potensi dan pertumbuhan yang tinggi. Sayangnya, di balik potensinya, industri ini menyebabkan rusaknya lingkungan. Untuk mengatasi hal itu, mulai muncul perusahaan yang peduli terhadap isu ini dan mengeluarkan produk skincare yang ramah lingkungan. Namun, minat konsumen untuk menggunakan produk skincare yang ramah lingkungan masih belum optimal. Hal ini sangat disayangkan karena
sukses atau tidaknya peran produk skincare ramah lingkungan ini dalam mengurangi dampak lingkungan sangat tergantung pada konsumen. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor apa yang dapat mendorong konsumen untuk mengkonsumsi produk skincare yang ramah lingkungan. Penelitian ini mengeksplorasi motivasi konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk skincare ramah lingkungan dengan mengaplikasikan extended theory of planned behavior, dimana variable tambahannya adalah altruistic, egoistic, dan biospheric values. Penelitian ini melibatkan 500 responden yang pernah menggunakan produk skincare ramah lingkungan. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan partial least square.