Pengaruh Food Vlogger Terhadap Keinginan Menikmati Local Food Di Indonesia. Telaah Pada Culinary Tourist-Viewer Of The Food Vlogger

Saat ini Food Tourism merupakan gaya hidup yang sedang trend pada sebuah perjalanan wisata, karena wisatawan yang datang di suatu destinasi wisata tidak hanya sekedar ingin menikmati pemandangan alam tetapi juga ingin mencicipi makanan dan cerita dibalik makanan tersebut. Namun dimasa pandemic Covid ini sektor pariwisata di Indonesia mengalami penurunan, yang juga berdampak pada menurunnya angka pertumbuhan industri makanan dan minuman yang berdampak pada pelaku bisnis disektor kuliner. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keinginan seseorang untuk tetap menikmati food local Indonesia melalui review food vlogger pada media Youtube. Penelitian ini ingin melihat dari faktor credibility dan parasocial interaction dari food vlogger terhadap keinginan konsumen untuk menikmati food local. Penelitian ini menguji 8 hipotesis dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang akan dilakukan selama 12 bulan terhadap viewer dari food vlogger.