Perancangan Sistem Pakar Dalam Bentuk Aplikasi Mobile

Penelitian ini akan membahas mengenai beberapa situasi yang dapat dibantu dengan adanya sistem pakar. Sistem pakar merupakan suatu program komputer berbasis pengetahuan yang berusaha mengadopsi pengetahuan seorang pakar ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh pakar. Dengan adanya sistem pakar maka orang awam pun dapat menyelesaikan masalah atau untuk mencari tahu informasi yang akurat mengenai masalah tersebut. Penelitian ini akan membahas tiga kasus. Kasus pertama: menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP), dan juga menggunakan Google API untuk penentuan kriteria lokasi dan jarak. Aplikasi yang dibuat adalah sistem pendukung keputusan pemilihan sekolah dasar negeri di Jakarta Barat yang menggunakan aplikasi android sehingga memudahkan para orangtua untuk mengaksesnya. Kasus kedua: model pengembangan sistem pada software engineering yang mempunyai proses pengembangan model fase one by one, sehingga meminimalis kesalahan yang mungkin akan terjadi. Metode pendukung keputusannya akan menggunakan metode weighted product. Kasus ketiga: depressive disorder, metode ontology menjadi salah satu cara yang diharapkan
dapat menentukan akar dari setiap jenis dari depressive disorder, dan juga untuk pengembangan web semantik yang menggunakan knowledge base seperti Web Ontology Language (OWL). Penelitian ini dilakukan untuk merancang aplikasi sistem pakar untuk membantu mendiagnosa secara cepat mengenai masalah-masalah tertentu. Kasus pertama adalah memilih sekolah dasar, kasus kedua adalah proses KRS, kasus ketiga adalah mendeteksi depressive disorder. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi mobile berbasis android sistem pakar yang ini dapat membantu pengguna
yang ingin melakukan diagnosa secara cepat dan dengan tingkat akurasi yang cukup baik karena hasil diagnosa ini menggunakan knowledge dari ahli pakar yang sudah terverifikasi dan berpengalaman.