Gamifying Student Routines to Improve Campus Experience Through Mobile Application in Indonesia

Kegiatan perkuliahan sudah menjadi rutinitas di lingkungan universitas, namun mahasiswa masih seringkali lupa dengan jadwal kegiatan perkuliahan yang menjadi kewajibannya. Motivasi diper!ukan untuk meningkatkan jumlah informasi yang dapat masuk ke dalam ingatan. Gamifikasi adalah penggunaan elemen-elemen game dan teknik desain game dalam konteks non-game untuk membangun motivasi. Pada penelitian ini, framework gamifikasi yang digunakan adalah Marczewski Gamification Framework. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi personal assistant untuk mahasiswa dengan metode gamifikasi berbasis mobile dan mengetahui tingkat perceived usefulness dan perceived ease of use. Pengujian yang telah dilakukan kepada mahasiswa membuktikan gamifikasi dapat memotivasi mahasiswa dengan baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, aplikasi personal assistant untuk mahasiswa den gail metode gamifikasi te!ah berhasil dirancang dan dibangun dan telah diuji kepada mahasiswa di Universitas Multimedia Nusantara dengan hasil yang menunjukkan bahwa aplikasi berguna (85,28%) dan mudah digunakan (85,43%).