Pembuatan Chatbot Customer Service Menggunakan Algoritma Nazief-Adriani

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi, yaitu PT Fiture Teknologi Inovasi, memiliki permasalahan terkait dengan informasi. Tidak adanya sistem yang dapat menjawab pertanyaan pengguna secara otomatis pada website perusahaan, serta banyaknya pertanyaan yang bersifat repetitif menimbulkan masalah pertukaran informasi antara perusahaan dan customer. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan pembangunan dan penerapan aplikasi chatbot sebagai customer service. Chatbot merupakan aplikasi berbasis artificial intelligence (AI) yang mampu berinteraksi dengan customer secara otomatis, serta dapat menanggapi pertanyaan customer dengan akurat dan efisien. Aplikasi chatbot customer service dengan nama Fiturebot akan dibangun dengan menggunakan metode Artificial Intelligence Markup Language (AIML) sebagai knowledge base dari chatbot. Proses text preprocessing akan diimplementasikan pada chatbot, serta algoritma Nazief dan Adriani akan digunakan sebagai metode stemming menjadi kata dasar.