Rancang Bangun Game Space Explorer Menggunakan Perlin dan Ridged Multifractal Noise

Pada zaman ini industri yang berhubungan dengan teknologi dan hiburan sangatlah berkembang dengan pesat, salah satunya yaitu industri game. Dalam pembuatannya game membutuhkan banyak tenaga kerja, tetapi dengan menggunakan metode procedural content generation, developer dapat mengurangi tenaga kerja yang dibutuhkan. Dalam metode tersebut terdapat beberapa cara untuk mengimplementasikannya salah satunya adalah coherent noise. Terdapat beberapa jenis coherent noise yaitu perlin noise dan ridged-multifractal noise. Dalam penelitian ini, kedua noise tersebut digunakan untuk membangun planet, dimana game dimainkan. Selain penggunaan dari coherent noise terdapat juga metode faux gravity yang dikenal sebagai gravitational attraction dimana menjelaskan bahwa setiap obyek memiliki gaya gravitasi, metode ini digunakan untuk membuat player dan obyek-obyek yang dibuat dapat berada diatas planet. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah perlin noise dan  ridged-multifractal noise dapat digunakan untuk membangun planet, dan mencari tahu seberapa besar video game satisfaction dari pemain terhadap game. Penghitungan video game satisfaction dilakukan dengan menghitung data yang didapatkan dari kuesioner Game User Experience Satisfaction Scale.