Rancang Bangun Game Roguelike 2D Top Down Shooting Menggunakan Algoritma Drunkard Walk

Video Game semakin lama semakin hadir di dalam kehidupan kita. Setiap hari, terdapat ratusan juta pemain yang memainkan video game. Tercatat sekitar 68% dari rumah tangga di Amerika yang menghabiskan waktu mereka bermain video game, dengan rata-rata pemain berusia 35 tahun dan rata-rata pengalaman bermain di video game selama 12 tahun. Ketertarikan konten game terhadap pemain menjadi sebuah hal yang penting mengapa pemain tertarik untuk memainkan permainan setiap harinya dan menjadi sebuah faktor penting dalam menjaga ketertarikan pemain terhadap dunia. Namun, seiring dengan berkembangnya konten, permintaan konten baru yang berkualitas terus meningkat dan produksi game sudah mahal dan sulit untuk diukur. Untuk meningkatkan perkembangan konten, permainan harus memiliki konten bersifat Replayability, yaitu konten yang dihasilkan secara berulang kali namun tetap bersifat unik dan berbeda sehingga tidak membosankan karena permainan yang sama dan berulang-ulang untuk meningkatkan long-term enjoyment. Untuk meningkatkan replayability, drunkard walk merupakan salah satu algoritma procedural content generation (PCG) yang sering coba diimplementasikan. Dalam penelitian ini, akan dicoba dikembangkan sebuah
permainan dengan menggunakan algoritma drunkard walk. Berdasarkan permainan yang telah dikembangkan akan diukur seberapa besar tingkat kepuasan pemain dan replayability dari permainan yang telah dikembangkan.