Implementasi Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan

Menganalisis dan mengekstraksi informasi secara sistematis dari seluruh transaksi penjualan merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah perusahaan, termasuk toko online. Terkadang, beberapa toko daring menawarkan paket produk yang tidak sesuai untuk pelanggan. Ini terjadi karena paket yang dibuat tidak melalui proses analisis data transaksi untuk memprediksi relasi antar produk dalam satu paket. Relasi antar produk tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan market basket analysis. Pada penelitian ini, algoritma Apriori digunakan sebagai metode market basket analysis untuk menganalisis relasi antar produk berdasarkan data transaksi yang telah disimpan. Uji coba sistem akan dilakukan pada data transaksi toko online dan menghitung nilai lift ratio pada paket yang direkomendasikan. Kemudian USE questionnaire digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem rekomendasi yang dibangun. Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang akan berlangsung selama 6 bulan. Luaran yang ditargetkan untuk penelitian ini adalah software, model, dan publikasi dalam jurnal terakreditasi.