Manajemen Produksi Video Wayang Kulit 360 Derajat

Wayang Kulit merupakan salah satu medium penelitian terlama yang masih dilestarikan hingga saat ini. Kolborasi antara pencahayaan dan bentuk wayang yang khas menciptakan ilusi bayangan yang membuatnya unik dalam menangkap imajinasi penontonnya. Namun dengan berkembangnya teknologi, pelestarian tak bisa hanya mengandalkan sumber daya manusia yang mulai langka. Penggunaan teknologi 360-derajat menyajikan penontonnya unruk melihat visual secara keseluruhan tanpa dibatasi frame dalam menikmati sebuah visual. Hal ini melandasi untuk mengolaborasikan akan pertunjukan wayang dan teknologi 360 derajat. Dengan menggabungkan dua media mini, penonton mendapat pengalaman baru dalam menonton cerita wayang dengan bayangan melingkari san penonton. Pertanyaan utama ketika memptoduksi adalah menemukan pendekatan produksi yang sesuai dengan media baru ini antara pendekatan pertunjukan atau gambar bergerak. Di Indonesia belum ada penelitian yang membahas detail akan media baru ini karena masih jarang exhibition untuk media ini. Hal ini membuat penelitian ini berpotensi menjadi terobosan baru dalam penelitian gambar bergerak dengan teknologi 360 derajat. Penelitian ini akan membahas sesuatu yang paling dasar yaitu bagaimana menyiapkan suatu produksi 360 derajat yang mungkin dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang kompleks menggunakan media ini. Penelitian ini akan terbagi menjadi 2 tahap. Tahap I akan berfokus pada nabajerial produksi video 360-derajat dengan 1 babak penceritaan wayang saja, sedangkan Tahap II berfokus manajerial produksi video 360-derajat dengan semua babak penceritaan waayang. Tahun ini akan memasuki Tahap I. Untuk penelitian tahap I, peneliti akan menggunakan metode observasi dan kualitatif wawancara. Metode observasi dilakukan dengan mengamati sistem yang dipraktekan di produksi Wayang 360-derajat yang mengacu kepada tinjauan pustaka maupun acuan produksi, sedangkan proses wawanca dilakukan dengan mewawancarai tokoh-tokoh yang telah bekerja mengaplikasikan teknologi 360-derajat. Penelitian ini akan menghasilkan video Wayang 360-derajat.