Persepsi Mahasiswa Prodi Film Terhadap Penggunaan Peer Feedback E-Learning di Mata Kuliah FV 161 Seminar

Universitas Multimedia Nusantara tengah gencar-gencarnya menerapkan e-learning dalam proses belajar mengajar di semua program studi. Hal yang sama terjadi pula di Prodi  Film. Semua dosen pengampu mata kuliah didorong untuk menggunakan e-learning. Dalam penelitian ini, penulis ingin melihat persepsi mahasiswa Prodi FILM yang mengambil mata kuliah FV 161 Seminar terhadap penggunaan peer feedback dalam forum diskusi e-learning di kelas ini. Mata kuliah FV 161 dirancang untuk mengajarkan mahasiswa untuk merumuskan topik, menulis proposal, dan mengumpulkan tinjauan pustaka yang mendukung proposal mereka. Setiap minggunya mahasiswa diwajibkan untuk menuliskan ide mereka, menyusunnya dalam bentuk paragraf yang dapat mengkomunikasikan ide dan rancangan karya mereka. Luaran akhir dari mata kuliah ini adalah proposal Skripsi. 

Peer feedback dipilih karena merupakan salah satu metode yang dipakai sebagai latihan bagi mahasiswa untuk melatih kemampuan analisis dan menyusun ide. Biasanya mahasiswa meragukan kemampuan analisis dan menyusun ide dirinya sendiri. Oleh karenanya, dibutuhkan teman sekelas yang memiliki kemampuan setara untuk dapat melihat dan memberi masukan terhadap ide tulisannya.  Peer feedback ini dilakukan dalam forum diskusi online yang tersedia sebagai salah satu fitur e-learning. Melalui fitur ini, setiap mahasiswa mendapatkan akses ke semua tulisan teman sekelasnya. Diharapkan dari fitur ini, mahasiswa dapat belajar menganalisa kesalahan dalam tulisannya, memperbaikinya dan menuliskannya dengan lebih baik dalam bentuk proposal Skripsi.