Perancangan Karakter sebagai Storytelling Agent dalam Video Game "Jejak Garuda"

Video game merupakan salah satu media yang menarik dalam penggunaan narasi dan perangkat bercerita lainnya. Dalam video game, terdapat hubungan antara pemain dan karakter protagonis dalam game tersebut, dimana karakter tersebut merupakan representasi dari pemain tersebut. Karakter video game juga berfungsi sebagai alat untuk mengkomunikasikan cerita. Dalam penelitian ini difokuskan dalam mempelajari tentang penerapan elemen-elemen yang membentuk desain karakter dalam game Jejak Garuda sebagai storytelling agent. Jejak Garuda sendiri merupakan video game yang bertujuan untuk memberikanedukasi dan pengenalan tentang militer Indonesia, terutama TNI AD kepada remaja. Game yang bergenre turn-based strategy ini menceritakan tentang sejarah TNI AD dalam masa-masa kemerdekaan Indonesia. Melalui perancangan karakter dan basis riset yang kuat dapat menciptakan karakter game yang kohesif,believabe, dan pada akhirnya bisa membuat pemain tertarik memainkan game dan mengikuti jalan ceritanya.