Perancangan Game Shock: Aplikasi Alternatif untuk Mendeteksi Emosi Marah dalam Proses Anger Management

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ciri-ciri orang marah, stimulus yang dapat mempengaruhinya, pelampiasan yang sejauh ini dilakukan, dan cara untuk mengatasinya berdasarkan teknik manajemen marah yang umum dilakukan oleh psikolog. Dilakukan sebuah inovasi dari tehnik teresebut dalam bentuk media digital, sehingga sang penderita mampu mengetahui sebarapa besar rasa marah yang dimiliki dan melatih menghadapi tantangan yang memacu datangnya rasa marah. Kesempatan media digital berupa game dapat menjadi salah satu alternatif solusi merujuk pada sebagian besar waktu yang dilakukan penderita marah dan sering melakukan 'pengalihan' kepada sesuatu yang lebih bisa dilampiaskan sebagai game theraphy. Kemampuan dalam mengurangi rasa kemrahan ini ditunjukkan dengan bagaimana berpikir logis dan fokus mampu menghantarkan orang agar dapat berpikir rasional daripada impulsif.