Penerapan Metode Design Thinking Pada Studi Kasus Design For Society

Perkembangan desain komunikasi visual saat ini sangatlah pesat dengan ditandai oleh karya-karya olah desain komunikasi visual yang makin beragam dan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Pada praktiknya perkembangan desain komunikasi visual cenderung mengedepankan pada problem solving permasalahan komersial daripada isu social. Yang terjadi bagi calon desainer dalam hal ini mahasiswa , aspek komersial menjadi hal penting dan mendapat perhatian utama dalam mendesain. Maka dari itu diperlukan solusi belajar proses desain yang mengedepankan ploblem solving berbasis isu social dan komunitas. Desain for society merupakan salah satu mata kuliah di dkv UMN yang mempunyai learning outcome membentuk pemahaman dan rasa tanggung jawab desainer komunikasi visual dalam menerapkan proses desain sebagai solusi dari permasalahan yang ada disosial maupun komunitas masyarakat. Design thinking dari standford menjadi sebagai landasan metode bagi para mahasiswa kelas design for society untuk terjun langsung mempraktekkan metode dan kemampuan mendesain menjaga amunisi dalam memberikan solusi desain yang bermanfaat. Dengan studi wilayah Desa Pagedangan di kabupaten Tangerang dengan beberapa objek studi isu social bebrbasis ekonomi, budaya, pendidikan dan kesehatan menjadi lahan praktik penerapan metode design thinking dalam memecahkan permasalahan social dan komunitas di desa tersebut