Non-Verbal Elements Of The Computer Mediated Communications In The Property Company’S Instagram Accounts – A Content Analysis

Di era Industri 4.0 ini, banyak praktik industri yang dikombinasikan dengan smart technology. Tren ini juga mempengaruhi industri properti dengan penggunaan media sosial interaktif Instagram untuk membangun hubungan dengan publik. Mereka memanfaatkan gambar, infografis, dan video yang ada feed Instagram. Publik kemudaian menanggapi dengan View, Like, dan Comment. Penelitian ini dilakukan dalam konteks interaksi media sosial dan reaksi publik untuk menganalisis elemen komunikasi non-verbal pada komunikasi yang dimediasi komputer (Computer Mediated Communication / CMC) dalam media Instagram hanya hanya berupa foto. Metodologi yang digunakan adalah analisis konten akun Instagram dari tiga Perusahaan properti. Informasi yang diperoleh dievaluasi lebih lanjut dengan menggunakan Regresi Linier. Dalam beberapa kasus, diamati bahwa konten yang hanya menggunakan gambar, tanpa teks dan grafik, menghasilkan lebih banyak Like, sehingga komunikasi non-verbal dapat diverifikasi berlaku di beberapa media sosial.