Analisa Pengaruh Microinteraction Dalam Aplikasi Media Sosial Instagram Terhadap Pengguna

Tanpa kita sadari media digital berkembang dan bergerak begitu cepat, salah satu media yang yang sering digunakan adalah media sosial. Berdasarkan datareportal.com dalam Digital 2020: Indonesia menginformasikan bahwa 160 juta orang di Indonesia adalah pengguna media
sosial, yang menghabiskan waktu kesehariannya selama 3 jam 26 menit per harinya pada aplikasi media sosial, dan 63 juta diantaranya adalah pengguna aplikasi Instagram. Dalam sebuah aplikasi/website/game pasti memiliki microinteraction di dalamnya, tidak terkecuali
aplikasi Instagram. Microinteraction adalah detail interaksi yang bertujuan membuat pengguna mengetahui segala sesuatu yang sedang atau sudah dilakukan, dengan membuat feedback berupa animasi kecil sehingga pengguna memiliki keterikatan lebih dengan aplikasi tersebut.
Pada penulisan ini, penulis ini akan menganalisa microinteraction yang ada dalam aplikasi Instagram, berdasarkan literatur, dan menganalisa seberapa besar pengaruh microinteraction tersebut dalam membantu pengguna menggunakan aplikasi Instagram dengan menggunakan
metode kualitatif yaitu In Depth Interview dengan 6 orang pengguna. Hasil dari interview akan membuat kesimpulan pengaruh microinteraction dalam aplikasi Instagram terhadap pengguna.