Analisa Iklan Televisi Tokopedia #Dirumahajadulu Dan Kaitannya Dengan Brand Positioning Tokopedia Ditengah Era Pandemi

Pada saat era pandemi Covid-19 ini, masyarakat Indonesia harus mengubah perilaku hidupnya saat membeli sesuatu. Mereka harus merubah kebiasaan berbelanja offline menjadi online. Tokopedia sebagai marketplace lokal di Indonesia memberikan solusi ditengah-tengah
kondisi pandemic ini. Tokopedia meberikan jaminan bahwa semua yang dibutuhkan masyarakat tersedia pada marketplace ini. seperti yang mereka jelaskan pada televisi #dirumahajadulu. Dengan kampanye iklan televisi tersebut, Tokopedia mencoba memberikan pernyataan dan pesan serta rasa aman kepada masyarakat terkait kebutuhan mereka pada saat pandemi Covid-19. Peneliti menganalisis iklan komersial televisi Tokopedia dengan menggunakan model 6 langkah konseptual branding dari Philip Kotler. Hasil penelitian ini memuat setiap aspek naratif dan visual dari 6 langkah model konseptual branding oleh Philip Kotler dalam iklan televisi Tokopedia #DirumahAjaDulu dan korelatifitasnya terhadap teori periklanan yang membuat Tokopedia memiliki brand positioning-diferensiasi (perbedaan)- integritas yang jelas diantara kompetitornya.