Eksplorasi Metode Pembelajaran Efektif Berbasis Aplikasi Digital Desain Untuk Pelajaran Ipa Siswa Sekolah Dasar

Rendahnya kesadaran terhadap kesehatan dan penyakit-penyakit yang mengancam tubuh pada masyarakat saat ini mendorong tim peneliti untuk menggali lebih dalam mengenai akar permasalahan, kebutuhan pembelajaran, dan metode pembelajaran yang efektif bagi para siswa Sekolah Dasar dengan mengikuti perkembangan zamannya. Proses penyaluran informasi di sekolah diharapkan tidak hanya terbatas pada metode pengajaran konvensional, dimana para siswa hanya mengandalkan buku pelajaran dan informasi dari guru. Oleh karena itu, diperlukan studi penelitian mengenai bagaimana masalah tersebut memungkinkan perancangan metode aplikasi berbasis digital desain dapat diterapkan guna menunjang pembelajaran kesehatan pada usia Sekolah Dasar. Tim penulis akan mengumpulkan data hasil survey dan observasi terhadap siswa Sekolah Dasar mengenai proses pembelajaran IPA dan wawancara terhadap guru, kepala sekolah dan dokter sebagai sumber referensi, dengan menggunakan metode penelitian mixed method. Penelitian ini bersifat penelitian dasar selama 1 tahun, yang ditargetkan berlanjut ke penelitian terapan dengan rentang waktu selama 3 tahun ke depan.