Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention To Visit Destinasi Wisata Telaah Pada Subscriber Travel Vlogger

Pariwisata merupakan industri yang sedang berkembang di Indonesia. Keberadaan destinasi superpriortas yang telah ditetapkan oleh pemerintah diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Indonesia. Namun demikian, peningkatan sebuah destinasi menjadi destinasi superprioritas memiliki beberapa tantangan di beberapa daerah, antara lain dengan adanya perbaikan di beberapa sektor pariwisata, pemerintah berupaya untuk meningkatkan biaya kunjungan masuk yang cukup signifikan terutama pada destinasi wisata superprioritas. Hal ini menyebabkan beberapa wisatawan menggagalkan perjalananya berkunjung kesana sehingga jumlah pengunjung wisata menurun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata melalui social media Youtube dengan memanfaatkan review dari travel vlogger. Penelitian ini ingin melihat faktor apa yang dapat mendorong keinginan wisatawan untuk berkunjung melalui pendekatan parasocial interaction yaitu hubungan yang terjalin antara subscriber dan travel vlogger. Penelitian ini menguji 5 hipotesis dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang akan dilakukan selama 12 bulan terhadap subscriber dari travel vlogger.