Retorika Food Vlogger Vinny Laurencia Terhadap Penerimaan Followers di Media Sosial Tiktok

Seiring perkembangan zaman berbagai bentuk komunikasi/teknik persuasif retorika berkembang dan digunakan sebagai alat/strategi pemasaran di media sosial dalam membantu komunikator atau influencers untuk mempengaruhi komunikannya. Dalam penelitian ini akan melakukan studi pada food vlogger Vinny Laurencia yang populer berkat konten kuliner TikTok-nya (@kulinersamacici) dengan melihat bentuk retorika yang digunakan untuk mempengaruhi followers-nya agar mau menerima, mencoba, dan menjadikan kontennya sebagai referensi berwisata kuliner. Penelitian ini mengulas bentuk Retorika atau komunikasi persuasif yang terjadi menggunakan dimensi lengkap (Ethos,Logos, Pathos) terhadap pertimbangan followers yang terpapar ditinjau dari penggunaan teori Penilaian Sosial untuk mau menerima atau menolak pesan yang disampaikan. Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner daring kepada 271 responden yang merupakan followers akun TikTok @kulinersamacici dengan teknik systematic random samplings dan telah lolos tiga tahap uji asumsi klasik yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh retorika food vlogger terhadap penerimaan followers sebesar 45,4% dan dimensi retorika yang paling berpengaruh ialah dimensi Pathos dari komunikator dengan perolehan mean sebesar 3,38.