Analisis Jaringan Media Sosial pada Video Promosi Pariwisata: Studi Terhadap Video Wonderful Indonesia 'Jiwa Jagad Jawi'

Video Wonderful Indonesia 2022 Jiwa Jagad Jawi merupakan video promosi destinasi wisata Pulau Jawa, yang menggunakan teknik digital storytelling. Video promosi tersebut diunggah melalui kanal YouTube resmi Wonderful Indonesia. Dalam hal ini, komentar pengguna YouTube dapat dimaknai sebagai reaksi secara khusus yang diberikan penonton. Komentar pun bisa dijadikan sebagai masukan Kemenparekraf dalam pembuatan video promosi pariwisata. Penelitian ini akan menganalisis jaringan sosial yang terbentuk dalam video promosi wisata. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan social media network analysis, untuk menganalisis pada level struktur jaringan, kelompok, dan aktor. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method, dimana menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa struktur jaringan dalam video promosi ini terbentuk karena topik agama, bukan topik tentang destinasi wisata. Hal tersebut terjadi karena video promosi tersebut menampilkan tradisi sembahyang. Sebagian besar komentar yang dilontarkan para aktor berkonotasi positif, dengan mengungkapkan kekaguman terhadap Pulau Jawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik storytelling memberikan pengaruh terhadap citra destinasi positif pada khalayak. Namun struktur jaringan yang terbentuk justru karena adanya topik tentang agama, bukan Pulau Jawa sebagai destinasi wisata. Padahal kata ‘Jawa’ telah disebut sebanyak 712 kali.