Praktik Jurnalisme Mobile Kompas.com

Keberadaan smartphone dan media sosial telah mengubah cara pandang media terhadap suatu pertemuan, produksi, penyuntingan, dan penyebaran berita. Dengan menggunakan modal jurnalistik concept, tulisan ini mengkaji bagaimana jurnalis di Kompas.com, salah satu pelopor media online di Indonesia, memasukkan praktik jurnalisme mobile ke dalam karya mereka. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana jurnalis dan ruang redaksi merespons perubahan yang bertepatan denganperangkat m obile dan media sosial di ruang redaksi. Analisis data kualitatif yang diperoleh dari wawancara mendalam dengan jurnalis Kompas.com dan analisis dokumen mengungkapkan bahwa penerapan mojo dalam Kompas.com relatif baru dan masih mencari bentuk. Kompas.com mengintegrasikan smartphone mobile ke dalam karya jurnalistik untuk menghasilkan cerita dengan pendekatan multimedia untuk memenuhi perubahan kebutuhan jurnalistik dan bisnis. Jurnalis diharapkan dapat memproduksi konten jurnalistik dalam video pendek menggunakan mobile devices terkait dengan peristiwa sehari-hari di sekitarnya. Dengan demikian, praktik mojo muncul sebagai tatanan baru dalam jurnalisme. Kompas.com mengembangkan divisi multimedia dan meningkatkan keterampilan jurnalis melalui pelatihan di semua meja di ruang redaksi. Jurnalis mempelajari aplikasidan alat baru dan menghasilkan video pendek untuk media sosial.