Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dengan Menggunakan Logit Model: Studi Kasus UMKM Kabupaten Tangerang

Peran e-commerce dalam perekonomian Indonesia semakin meningkat, walaupun perannya masih relatif kecil jika dibandingkan dengan peran pasar tradisional (brick and mortar business). Potensi perkembangan e-commerce cukup besar di masa datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang berpengaruh terhadap adopsi e-commerce oleh Usaha Menengah Kecil dan Mikro di Kota Tangerang Selatan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari lembaga terkait, sedangkan data primer akan dikumpulakan dengan survey melalui metode wawancara dengan kuesioner yang terstruktur. Analisa data akan menggunakan Logit Model untuk menganalis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce oleh UMKM Kota Tangerang Selatan. Luaran yang ditargetkan berupa publikasi artikel pada jurnal nasional yang terakreditasi, disamping itu juga berupa rekomendasi untuk pengembangan UMKM dengan memanfaatkan e-commerce di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini berupa penelitian dasar yang direncakan dapat diselesaikan dalam jangka 6 (enam) bulan.