Action Research For Improvement Mobile And Social Media Journalism Studies

Perangkat gawai sangat melekat dalam kehidupan manusia saat ini. Perangkat ini kemudian menjadi alat untuk membantu atau mempermudah kehidupan manusia termasuk dalam aktivitas bekerja. Salah satunya pada aktivitas kerja jurnalisme yang dituntut untuk cepat dalam mencari peristiwa mengolah berita yang diperoleh dalam berbagai format hingga menyebarkannya pada masyarkat. Penelitian ini melihat bagaimana penerapan kurikulum multimedia journalism dalam perguruan tinggi. Terutama pada mata kuliah mobile and social media journalism. Meski dua hal tersebut baik perangkat gawai dan media sosial telah akrab dengan kehidupan mahasiswa. Namun bagaiman jika kedua hal tersebut dimasukkan dalam topik perkuliahan. Mahasiswa yang merupakan calon jurnalis menyiapkan diri dengan pengetahuan dan kemampuan diberbagai bidang yang senyatanya sedang dan akan diterapkan di dunia kerja. Bagaiman perangkat gawai dan media sosial yang bisanya tidak digunakan dalam aktivitas resmi kemudian digunakan dalam proses kerja junalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran mobile journalism sehingga bisa menemukan bentuk yang lebih baik dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan penelitan yaitu kuantittaif dan kualititatif. Melakukan suvevi pada 87 mahasiswa yang telah ikut serta dalam mata kuliah ini kemudian mendalami dengan melakukan wawancara mendalam pada sampel unik dan juga mewawancari jurnalis.