Strategi Komunikasi Komunitas Manusaya Dalam Melaksanakan Program Sosial: Studi Kasus Program Sosial Titik Balik Dan Kelas Pemenang

Hal-hal mengenai pudarnya rasa kemanusiaan sering kali ditemukan melalui kasus-kasus kekerasan dan stigma negatif yang terjadi di tengah masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh komunitas Manusaya dalam upaya #MemanusiakanManusia yang direalisasikan melalui program sosialnya. Konsep penelitian ini mengacu pada kampanye dari Cutlip, Center & Broom yang terdiri atas tahapan Defining PR Problems, Planning and Programming, Taking Action and Communicating, dan Evaluating the Program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data primer didapatkan melalui wawancara mendalam kepada empat orang yang menjadi narasumber penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan komunitas Manusaya telah mengikuti kaidah konsep yang ada berdasarkan strategi dan taktik yang mereka gunakan. Pelaksanaan kampanye menggunakan online media dan berkolaborasi dengan komunitas eksternal lainnya dalam pengembangan program. Evaluasi yang dilakukan melalui dua tahap yaitu evaluasi yaitu evaluasi rutin dan evaluasi keseluruhan. Saran penelitian ini adalah komunikasi yang dilakukan komunitas Manusaya dapat lebih bervariatif dan informatif sehingga mudah dipahami oleh pada pemangku kepentingan.