Efek Ekspos Media Sosial Pada Pembelian

Perkembangan media sosial sebagai medium komunikasi pemasaran meningkat signifikan pasca
2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terpaan media sosial dari
akun Instagram @byooteofficial terhadap keputusan pembelian yang dilakukan followers dan untuk
mengetahui besarnya pengaruh tersebut. Konsep yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah
media exposure, Instagram, dan keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan metode
survei dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dan sampel yang diambil dalam
penelitian ini adalah sebanyak 400 responden. Hasil penelitian yang menggunakan uji regresi linier
sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan media terhadap keputusan
pembelian pada followers akun Instagram @byooteofficial sebesar 44% dan 56% lainnya
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, penelitian ini
dapat disimpulkan telah berhasil menjawab tujuan penelitian ini, yaitu pengaruh dan seberapa
besar pengaruh variabel x (terpaan media) terhadap variabel y (keputusan pembelian)